Bangkit Untuk Bersatu, Kantor Perwakilan Kemenkeu Provinsi Bengkulu Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-111

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com : Bengkulu – Senin (20/5) Perjuangan untuk menggalang persatuan bangsa ditandai dengan berdirinya sebuah organisasi pemuda modern pertama di Indonesia, yang diberi nama Boedi Oetomo. Boedi Oetomo yang didirikan 20 Mei 1908, memberi contoh bagaimana para pemuda bersatu dalam organisasi, mengesampingkan perbedaan latar belakang dan kepentingan pribadi, yang pada akhirnya mendorong bangkitnya semangat nasionalisme dan kebangsaan demi mewujudkan tujuan bersama, yaitu kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, lahirnya Boedi Oetomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.  

Guna menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebangsaan, Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-111. Bertempat di Halaman Kantor Perwakilan Kemenkeu Provinsi Bengkulu, upacara yang mengambil tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’ ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai kantor vertikal Kemenkeu yang berada di Kota Bengkulu.

Pembina Upacara yang merupakan Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra, dalam amanatnya, berpesan bahwa seluruh ASN Kemenkeu perlu menjaga semangat persatuan, kesatuan dengan menyamakan visi, misi, dan tujuan, serta  bersinergi dalam mengelola Keuangan Negara, APBN yang sehat, adil, dan mandiri, serta mampu menjadi alat untuk mewujudkan cita-cita pendiri Republik Indonesia, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Untuk menjalankan fungsi yang sebagai pembuat kebijakan publik, pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi perekat dan pemersatu bangsa melalui kebijakan fiskal yang inklusif, ASN Kemenkeu yang berjumlah 80.524 pegawai yang mayoritas diisi oleh generasi muda perlu memiliki jiwa nasionalisme yang kuat kepekaan sosial untuk menjaga kedamaian di tengah masyarakat yang majemuk sehingga persatuan bangsa tetap senantiasa terjaga. Diharapkan seluruh ASN Kemenkeu dapat mempedomani tata etika komunikasi dan bijak dalam bermedia sosial dengan tidak menyebarkan berita palsu (hoax), dan ujaran kebencian bermuatan SARA.

Terkait euforia pesta demokrasi akbar yang telah terselenggara, seluruh ASN Kemenkeu diharapkan bijak dalam menyikapi perbedaan pilihan politik dan tidak memecah belah persatuan bangsa yang telah dibangun. Selain itu, seluruh ASN Kemenkeu diharapkan dapat menyambut pemimpin terpilih, yang diamanatkankan rakyat untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dengan penuh optimisme.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan saat ini, seluruh jajaran Kemenkeu diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini untuk bangkit, dengan terus bersemangat dalam menjalankan tugas disertai niat penuh keikhlasan sebagai ibadah kepada Allah Tuhan YME. Beliau berpesan kepada seluruh ASN Kemenkeu untuk bersama menghadirkan kembali semangat nasionalisme dalam diri masing-masing sehingga dapat merawat keberagaman yang merupakan kekayaan yang dianugerahkan oleh Allah Tuhan YME, sehingga bangsa Indonesia tetap teguh bersatu dalam kemajemukan sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita